Rabu, 21 Mei 2014

Aplikasi Smartphone Wajib Install

Saya sedang merasa memiliki smartphone yang paling canggih karena bisa memenuhi semua kebutuhan saya untuk menjadi seorang perempuan yang (harus) serba bisa. Apa saja kebutuhan saya? berikut saya buat daftarnya:
1. Surel atau Email dan social media
2. Membaca dan edit file document dengan berbagai format seperti .doc, .xls, .pdf
3. Edit foto
4. Menulis ide yang suka muncul tanpa mengenal kondisi
5. Segala hal yang bisa mendukung kegiatan traveling
6. Nge-blog
7. Buku doa


Kira-kira itu garis besarnya untuk semua kebutuhan saya sehari-hari. 7 poin kebutuhan tersebut saya tumpahkan di dalam smartphone dengan system memory hanya sebesar 2 GB. Oke, saya akan berbagi aplikasi apa saja yang menurut saya bagus, keren dan lucu. Langsung saja ya. 




Gambar 1. Penampakan seluruh aplikasi smartphone wajib instal versi saya


Untuk surel, saya tetap memakai aplikasi bawaan yaitu Gmail dan Email. Saya memiliki 2 akun surel pribadi dengan basis Gmail sehingga saya daftarkan 2 surel tersebut dalam pengaturan Gmail. Selain itu, saya punya 3 surel tambahan yang juga sering saya periksa atau gunakan tapi bukan untuk kegiatan pribadi melainkan kegiatan komunitas. 2 Aplikasi ini termasuk baik karena bisa melakukan akses lebih dari 1 surel tanpa harus lakukan sign out terlebih dahulu. 


Berikutnya, untuk akses file berupa .doc, .xls maupun .pdf saya install aplikasi Kingsoft Office. Aplikasi Kingsoft Office membantu saya tidak hanya untuk mengakses file tapi juga untuk melakukan editing file yang jarang didapatkan di aplikasi lain. Selain itu, Aplikasi ini juga menyediakan fasilitas save as file dalam format .pdf. Kemana pun pergi dan tidak membawa laptop, aplikasi ini sangat membantu untuk urusan kerjaan.


Gambar 2. Kingsoft Office
Bagian kanan yang dilingkari merah tampak format save file yang tersedia pada Kingsoft Office


Saya memiliki 2 aplikasi yang recommended banget untuk masalah edit-edit foto: Snapseed dan Cymera. Snapseed ini termasuk aplikasi yang paling baik untuk mengubah segala tone warna dan corak foto. Fasilitas pun lengkap. Ada pengaturan komposisi dasar seperti brightness, contrast bahkan retrolux dengan 13 style. Minusnya aplikasi ini adalah tidak adanya fasilitas penambahan text dan tidak ada stiker sebagai aksesoris editing tambahan. Kekurangan dari Snapseed ini dapat dipenuhi di aplikasi Cymera. Bisa tambahkan tulisan dengan beberapa jenis font serta warna-warni menarik yang bisa membuat foto semakin tampak menarik. Selain itu, Cymera memiliki fasilitas "Beauty" yang bisa memperbaiki segala masalah wajah kamu dalam sekejap seperti meniruskan pipi, membuat mata tampak lebih besar, bahkan menghaluskan bekas jerawat. Tidak perlu dana yang besar dan waktu lama untuk memiliki wajah dan tipe kulit idaman yang bisa dipamerkan jadi avatar social media deh.hehehe


 Gambar 3. Snapseed

 Gambar 4. Cymera

 Gambar 5. Fasilitas Beauty dan Sticker yang ada pada Cymera
Hasil gambar juga merupakan edit-an menggunakan aplikasi yang sama



Menulis. Saya memiliki kebiasaan mudah lupa pada hal kecil dan detail. Misalnya daftar belanjaan, daftar janji dengan berbagai waktu, tempat atau kebutuhan, hal prioritas yang harus diselesaikan. Aplikasi Note dari Go Widget menjadi andalan untuk membantu mengatur segala hal kecil tersebut menjadi rapi dan terorganisir. Menariknya, aplikasi ini memiliki format yang bisa untuk menggambar. Jadi, saat bosan menunggu dan ingin iseng menulis cantik atau menggambar lucu, aplikasi ini bisa menjadi teman yang baik. Tidak perlu memiliki Galaxy*note Sam*sung juga kan? hehehe Selain itu saya juga install SomNote. Aplikasi mirip seperti Evernote. Catatan dalam sistem Cloud sehingga bisa diakses di laptop atau komputer manapun selama terkoneksi internet. Yang membuat saya lebih suka menggunakan aplikasi ini adalah adanya theme seperti buku tulis bergaris dan jenis font yang tampak seperti tulisan tangan sehingga seperti menulis di buku sungguhan. Lalu, terdapat juga fasilitas attach foto dan file di note yang sedang kamu tulis. Berguna banget buat travelwriter nih. Selesai edit foto - attach note - tulis poin penting yang ingin ditulis - edit di laptop atau pc tanpa harus koneksikan kabel data ke smartphone lalu posting di blog deh. Keren ya? :D

 Gambar 6. Jenis-jenis template untuk Note dari GO Widgets

Gambar 7. SomNote


Berikutnya, Aplikasi yang mendukung untuk segala kegiatan jalan-jalan. Ada 3 Aplikasi yang wajib ada:
1. Maps, Aplikasi ini benar-benar membantu untuk di Jakarta. Sudah 1 tahun lebih saya mengandalkan aplikasi ini untuk memandu perjalanan hingga bagian pelosok jakarta yang belum pernah saya lewati sekalipun. Cukup ketik alamat utama, misal Jl Sudirman, dan sudah ada petunjuk arah jalan. Bahkan ada opsi filter untuk menyeleksi tingkat kemacetan, jumlah traffic light, dan pilihan penggunaan jalan tol atau umum. Buat orang berkemampuan spasial buruk, saya benar-benar terselamatkan oleh aplikasi ini!
 2. Komutta. Kamu orang Jakarta tapi jarang mengakses kendaraan umum atau pendatang yang sedang berkunjung ke Jakarta dan berencana kemana-mana menggunakan bussway atau KRL? Kalau memang iya, kamu wajib banget install aplikasi satu ini. Aplikasi ini menampilkan informasi lengkap mengenai rute Trans Jakarta, KRL, bus besar bahkan nomer telepon pemanggilan Taxi. Saya sering banget menggunakan aplikasi ini sebagai panduan saat naik KRL. Informasi jadwal dan rute ter-update dan waktunya tepat. yah, paling beda 2-3 menit saja. Recommended!


Gambar 8. Komutta


3. Tiket Kereta Api. Kalau aplikasi yang satu ini mungkin sudah sering didengar ya? sudah jadi rahasia umum. Ya, kalau kamu ingin memesan tiket kereta KAI resmi, bisa melalui aplikasi ini yang kemudian sistem pembayaran melalui minimarket franchise yang tersebar dimana-mana. Sebenarnya sudah banyak aplikasi serupa seperti Tiket.com, skyscanner, dan masing-masing maskapai penerbangan. Tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan.
4. Logbook. Saya baru banget install aplikasi Logbook. Aplikasi ini asli buatan pemuda Indonesia asal Bandung. Aplikasi ini bisa menjadi diary perjalanan kamu yang dilengkapi dengan fasilitas upload foto, budget, rute. Lalu, orang lain bisa mengakses informasi rute dan budget kamu dengan destinasi yang pernah kamu datangi. Kini, terdapat penambahan aplikasi. Logbook baru bekerjasama dengan operator wisata sehingga memudahkan kamu untuk mendaftar di open trip operator wisata tersebut. Seru!


Gambar 9. Logbook


Untuk urusan nge-blog sebenarnya sudah urusan penggunaan sesuai domain. Berhubung saya saat ini menggunakan Blogspot, jadilah ada aplikasi dengan lambang B besar dengan warna orange. Penggunaannya mudah. Tinggal ketik saja, upload lalu posting saja. Biasanya saya pakai aplikasi ini untuk mem-posting artikel namun tidak bawa laptop. Hanya untuk posting artikel yang singkat saja, misalnya puisi. Tapi tidak tertutup kemungkinan untuk posting artikel yang panjang ya :)


Gambar 10. Blogspot on Mobile


Sibuk dengan hal duniawi sering membuat saya lupa tentang hal spiritual seperti berdoa. Sebagai seorang nasrani, saya sering tidak gereja karena agak sulit menemukan gereja saat melakukan perjalanan. Bahkan saat ini di kamar saya tidak terdapat alkitab dalam bentuk buku/hardcopy. Puji Tuhannya, ada beberapa aplikasi yang bisa saya akses saat sedang traveling tanpa memusingkan harus membawa buku alkitab dan renungan yang cukup memakan tempat dan berat juga. Sebagai umat Katolik, saya mengandalkan untuk “Doa Katolik” dan “Alkitab LAI” untuk memenuhi kebutuhan ini. Saya memilih aplikasi Doa Katolik karena memiliki fitur doa-doa katolik seperti novena, devosi dan juga terdapat aplikasi renungan yang ter-update setiap harinya, namun untuk renungan harus terhubungkan dengan internet. Sedangkan untuk Alkitab LAI, sbenarnya saya masih mencari Alkitab versi Kanisius yang lebih sering digunakan oleh umat Katolik tapi saya belum menemukannya. Berhubung Alkitab ini diterbitkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia, akhirnya saya jatuhkan pilihan saya pada aplikasi ini. Hanya 1 yang kurang, yaitu Puji Syukur. Semoga ada yang segera membuatnya.

Gambar 11. Doa Katolik


Oia, ada 2 tambahan rekomendasi aplikasi yaitu Clean Master dan Kalender Indonesia. Berikut penjelangan mengenaaplikasi tersebut:
1. Clean Master. Aplikasi ini berfungsi untuk menghapus junk file seperti cache dari aplikasi yang telah kamu akses. Terutama jika kamu suka men-download. Lumayan bisa membebaskan beberapa MB dan juga bisa untuk Boost Memory tanpa harus ngecek satu-satu di Storage - Settings.


Gambar 12. Clean Master


2. Kalender Indonesia. Aplikasi Calendar bawaan smartphone seringnya tidak memiliki keterangan tanggal merah atau tanggal libur nasional. Semua warna sama. Jadi kudu banget install aplikasi ini untuk mengetahui hari libur nasional tanpa harus mencari kalender rumahan atau juga tanpa harus beli kalender. Selain pengiritan juga ramah lingkungan tanpa harus beli kalender yang bentuk kertas, kaaan? hehehe Ada tambahan keuntungan juga dari Kalender Indonesia. Aplikasi juga menampilkan tanggal-tanggal peringatan tertentu seperti hari peringatan internasional maupun nasional namun tidak tercantum pada kalender nasional pada umumnya. Misalnya, hari surya, hari POM - TNI, bahkan hari korps cacat veteran Indonesia. Saya saja baru mengetahui hari peringatan tersebut sejak install aplikasi ini. hahahaha

Gambar 13. Kalender Indonesia


Oke, Sekian aplikasi-aplikasi rekomendasi versi saya. Nantikan share tips atau rekomendasi saya yang lainnya ya. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar