Kamis, 27 Januari 2011

teri sambal kering praktis

Sesuai janji sebelumnya, ini saya jelaskan bagaimana memasak ikan teri sambal kering. Berikut penjelasannya. Mudah-mudahan bisa dimengerti yah :)
Bahan: 
  • Ikan teri jengki (kalo bisa ikan teri medan) 2 ons, dicuci 3 kali
  • Bawang merah 6 siung, diiris-iris tipis
  • Bawang putih 3 siung, diiris-iris tipis
  • Cabe merah keriting 10 buah, dihaluskan
  • Minyak goreng secukupnya
Cara memasak:
  1. Panaskan minyak goreng terlebih dahulu. Indikasi minyak sudah siap menggoreng adalah letakkan tangan sekitar satu jengkal di atas wajan penggorengan dan rasakan uap panasnya atau sudah ada asap di atas minyak goreng. Lalu goreng ikan teri dengan api sedang. pastikan ikan teri terendam minyak goreng agar ikan matang secara menyeluruh. aduk sesekali sampai ikan berwarna coklat keemasan lalu tiriskan.
  2. Selanjutnya tumis sambalnya. Tuang minyak goreng sekitar 2 sendok makan di atas api sedang. Tunggu sebentar sampai minyak goreng panas lalu masukkan bawang merah dan bawang putih. Diaduk sampai wangi dan warna mulai berubah keemasan.
  3. Setelah berubah keemasan, masukkan cabe merah yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga kamu merasa terganggu dengan bau tajamnya. (saya dan teman saya sampe terbatuk-batuk karena bau tajam tumisan cabe dan bawang itu.hahaaa) Tambahkan gula 1 sendok teh agar sambal terasa lebih gurih. setelah tumisan sambal mulai kering dan berbau tajam, matikan kompor.
  4. Lalu diamkan tumisan hingga dingin baru dicampur dengan ikan teri yang telah digoreng sebelumnya. aduk hingga tercampur rata dan taraaaaa... it's done siap disajikan! 

ada poin penting dalam memasak ini:
  • kalau bisa ikan terinya yg teri medan yah..sblm dicuci lebih baik dibersihkan dulu dari kotoran ikan teri. tp ini berlaku untuk jenis teri jenki. kalo mau pake teri yang kecil (saya kurang ngerti namanya) takarannya ditambah yah. soalnya jumlahnya akan menyusut stelah digoreng.hehee cara bersihkan: cabut aja yg warna hitam di daerah perut ikan. beserta kepalanya juga gapapa.tergantung selera masing2 :)
  • kalau beli ikan teri jengki yang besar, saat dibersihkan ikan teri bisa dibelah dua loh. tapi ini memakan waktu yg lama walau nanti ikan teri jadi lebih banyak. jadi bisa dilakuin santai  sambil nonton tipi aja :)
  • Karena sifat ikan teri udah asin, jadi ga perlu ditambahin garam yah. bisa-bisa nanti malah kena hipertensi krn kebanyakan kandungan garamnya.hehee
  • minyak goreng buat goreng ikan dan menumis bahan diusahakan pakai minyak baru yah..biar hasil masakan ikan teri bisa coklat keemasan dan sehat :)
  • Tumisan sambal harus ditunggu sampe dingin yah. bukan hangat tapi benar-benar dingin. hal ini dilakukan biar masakan bisa bertahan lama. bisa sekitar seminggu. kalau mau dihidangkan ikan teri bisa dipanaskan lagi kok :)
Gampang kaan? selamat mencoba :D 
Oia,ini saya sertakan hasil jadi masakan "teri sambal kering praktis" made by me :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar